Posted by : Unknown Jumat, 04 Januari 2013


Apple selama ini dikenal sebagai pembesut barang elektronik yang mempunyai cita rasa seni tinggi. Sehingga sulit untuk membayangkan, bila 20 tahun lalu, Apple pernah mengalami krisis identitas dalam mengembangkan desain.

Dahulu, produk Apple tanpa 'bahasa' desain yang terpadu. Semua produk yang keluar kala itu tampak berbeda-beda tiap versinya. Maka tak heran, Steve Jobs pernah meminta desainer Hartmut Esslinger untuk memperbaikinya.

Desainer inilah yang mewujudkan kemauan Jobs dalam bentuk beberapa konsep prototype produk Apple. Memang tak semuanya diwujudkan untuk dikembangkan, namun hampir semua karyanya mengagumkan.


1. MacPhone, 1984

"Saya ingin desain Apple tidak hanya terbaik di industri komputer, tapi paling terbaik yang pernah dibuat," demikian semangat yang ingin dibangun Steve Jobs.

Melalui konsep MacPhone inilah yang ingin diwujudkan oleh Hartmurt dengan menggabungkan antara fungsi ponsel, tablet dan desain yang kompak. Bentuk desain ini sendiri, dibuat pada tahun 1984.




2. Apple Sony Style, 1982


Steve Jobs ingin membangun sebuah desain sederhana dan 'dingin' seperti Sony.
Dia menginginkan agar konsep seperti itulah yang menjadi patokan yang baik dan Sony membuka jalan di zaman itu.

Steve menginginkan sebuah produk teknologi yang cerdas, minimalis dan lebih portabel. Awalnya Harmurt menentangnya, karena dapat menimbulkan konflik dengan Sony.

3. Apple Americana, 1982 

Ini desain lain yang coba ditawarkan. Semuanya serba simple namun tetap berkelas. Ini sesuai dengan definisi Americana sendiri, yakni menggabungkan antara desain teknologi tinggi dengan klasik.

Sang desainer terinspirasi terutama dari desain ramping Raymond Loewy untuk mobil Studebaker dan klien otomotif lainnya.
Simetris garis tegak lurusnya terinspirasi desain Electrolux sebuah peralatan rumah tangga, plus produk kantor Gestetner, dan tentu saja botol coke.
4. Baby Mac, 1985

Simpel tapi multifungsi tampaknya menjadi harga mutlak untuk membuat produk Apple. Dua landasan itulah yang menjadikan konsep Baby Mac akhirnya terlahir.


Baby Mac yang rencananya akan hadir untuk keluarga Macintosh. Bila dilihat secara sekilas, bentuk komputer desktop ini bisa berubah bentuk sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang terlihat dalam gambar.



5. Macbook, 1982
Ini dia konsep awal yang digagas oleh Hartmut untuk laptop Apple, MacBook. Dilihat sejak awal, memang tampaknya komputer jinjing ini sudah dipikirkan untuk dibuat seringkas mungkin sesuai dengan fungsinya.


Bila ini benar konsep pertama Macbook, maka butuh waktu lama untuk Apple mewujudkannya dari sekadar bentuk prototype di tahun 1982 baru kemudian diperkenalkan pertama kali tahun 2006.

6. Tablet Mac, 1982

Jangan kaget bila konsep tablet iPad sudah sejak tahun 1982. Kala itu Hartmut ini membuat konsep yang disebut 'tablet mac'.
Bila dilihat dari gambar, ini desain jauh lebih ringkas dari Macintosh, buktinya layarnya masih terhubung dengan mouse konvensional.


Tambahan stylus yang terlihat, tampaknya memperlihatkan kalau tablet Mac ini juga didesain untuk layar sentuh.




7. Apple Flat Screen Workstation, 1982

Tahun 1980-an memang layar ataupun monitor masih didominasi dengan bentuk cembung. Akan tetapi di tahun 1982, Apple memikirkan bagaimana membentuk perangkat kerja dengan layar datar.

Tak hanya layar datar, tapi inovatif karena hadir dengan dual screen. Selain itu juga dibuat sangat simpel.

Begitulah Karya Seni Apple, lebih tepatnya Hartmut Esslinger (yang diminta Steve Jobs memberbaiki Produknya)

sumber : inet.detik.com

{ 5 komentar ... read them below or Comment }

  1. blogwalking
    Visit : http://itcxmrsbii.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. keren juga desain macphone dulu, yang skarang jadi iphone sungguh pemikiran brillian dari ALm. Steve Jobs

    kevinakbarcitizen.blogspot.com comment & follow juga yo ...salam Blogger Indonesia ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayang iPhone terlalu overprice :v yang bikin hardwarenya aja tetangga sebeleh *red: samsung*

      Udh sob :)

      Hapus

- Copyright © 2013 Affrian Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -